Ceramah sehat keluarga


Assalamualaikum wr. wb.
Pertama-tama, dan paling utama, mari kita ucapkan rasa syukur kepada Allah. Karena berkat rahmat-Nya, kita semua bisa berkumpul di tempat yang Insya Allah mulia ini. Shalawat serta salam kepada Nabi agung Muhammad SAW semoga terus terlimpah, sehingga kita termasuk orang-orang yang akan mendapatkan syafaatnya nanti di yaumul akhir. Amin!
Ceramah yang ingin saya sampaikan kali ini bertema keluarga.
Keluarga diketahui sebagai tempat pendidikan paling awal seseorang sebelum mengenyam bangku pendidikan di sekolahan. Pendidikan yang diajarkan keluarga akan menentukan seseorang untuk terus bertindak.
Contohnya, ada orangtua yang memberikan terlalu banyak kasih sayang sehingga anak tumbuh menjadi anak yang manja. Sedangkan, ada orangtua yang kurang memberikan kasih sayang akan membuat anaknya tumbuh menjadi anak suka memberontak.
Dari kedua contoh itu, siapakah orang yang paling bertanggung jawab atas kesalahan anak tersebut?
Kesalahan itu tentu tidak bisa dibebankan seluruhnya kepada sang anak. Biar bagaimanapun, anak-anak memerlukan kasih sayang dan pendidikan dari orangtuanya. Meskipun pada kenyataannya, orang tua sering lupa bahwa pendidikan anak itu diawali dari keluarga. Jangan jadi orangtua yang sok sibuk dengan pekerjaan-pekerjaannya, sehingga lupa pada tugasnya mengurus anak yang masih memerlukan bimbingan dan kasih sayang.
Oleh karena itu, setiap orangtua perlu memberikan kasih sayang yang cukup pada anak – tidak kurang, tapi juga tidak lebih. Mudah-mudahan, ketika orangtua memberikan kasih sayang yang tepat, maka anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan kuat.
Disini, orang tua menjadi fasilitator bagi anak, sehingga apapun yang kegiatan yang diikuti anak, selama itu positif, sebaiknya dibiarkan tapi tetap diawasi dari kejauhan agar anak tidak terjebak. Dengan begitu, anak-anak bisa berkreasi dan tumbuh sesuai umurnya.
Seperti cukup sekian ceramah singkat tentang keluarga ini. Semoga bisa memberikan manfaat. Terima kasih!
Wassalamualaikum wr. wb.

Komentar

Postingan Populer